IKUTI
SEKILAS INFO
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info
Keutamaan Umroh & Haji

Keutamaan Umroh & Haji

Oleh : amanu - Kategori : Artikel
10
Apr 2020

Keutamaan Umroh dan haji

1. Haji Merupakan rukun islam yang kelima

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya: Dari Abu  ‘Abdurrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhuma, ia mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah; menunaikan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji ke Baitullah; dan berpuasa Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Haji termasuk jihad fii sabilillah (jihad di jalan Allah)

Dari ‘Aisyah—ummul Mukminin—radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ ، نَرَى الْجِهَادَ أَفْضَلَ الْعَمَلِ ، أَفَلاَ نُجَاهِدُ قَالَ : لاَ ، لَكِنَّ أَفْضَلَ الْجِهَادِ حَجٌّ مَبْرُورٌ

Artinya: Wahai Rasulullah, kami memandang bahwa jihad adalah amalan yang paling afdhol. Apakah berarti kami harus berjihad? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Menjawab: Tidak, tapi yang paling utama adalah haji mabrur,.” (HR. Bukhari no. 1520)

3. Allah akan menghapus dosa-dosa hambanya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

العمرة إلى العمرة كفارة  لما بينهما والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة

Artinya: dari umrah ke umrah adalah penghapus (dosa-dosa) diantara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada baginya balasan selain surga. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Allah akan menghilangkan kefakiran.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تابعوا بين الحج والعمرة فإنهما ينفيان الفقر والذنوب كما ينفي الكير خبث الحديد والذهب والفضة

Artinya: Tunaikanlah haji dan umrah secara silih berganti, karena keduanya menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat pandai besi menghilangkan kotoran yang ada pada besi, emas dan perak (H.R An Nasa’i: 2631)

5. Biaya yang ia keluarkan dicatat sedekah

Umroh salah satu jihad di jalan Allah, maka biaya bagi yang melaksanakan umroh tercatat sedekah di jalan Allah.

Secara dhahir ketika kita mendaftar umroh maka uang akan berkurang, namun secara hakikatnya Harta tidak akan pernah berkurang. Rasulullah bersabda:

عن أبي هُريرة : أَنَّ رسولَ اللَّه ﷺ قَالَ: مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ  (رواه مسلم)

Artinya: Dari Abu Hurairah RA: Rasulullah SAW berdabda: Tidaklah berkurang harta seseorang dengan bersedekah ( H.R Muslim)

Bahkan Allah akan melipat kali gandakan, sebagaimana firman Allah Ta’ala:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ

Artinya: perumpamaan orang yang menyedekahkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang tumbuh tujuh batang, dan setiap batang tumbuh 100 biji . ( Q.S Al Baqarah: 261)

Ibadah mulia ini pun dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat baik tatkala beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup atau pun ketika sudah tiada. Ini pun menunjukkan kemuliaan ibadah tersebut.

Semoga Allah mudahkan kita melakukan ibadah yang mulia ini.

Klik Disini :

Please follow and like us:
error
0 Komentar

Hubungi Kami

PT AMANU
Jl. Bakung I No.283, Purwonegaran, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141 (Depan Smp Negeri 15 Surakarta)

Hotline     : (0271) 739-582
Informasi : 081215008181 | 082133544723

Temukan Kami!

Facebook
Facebook
YouTube
Instagram
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial